Hati-Hati Menggunakan Powerbank

Advertisement
Bagi anda pengguna powerbank harap berhati-hati dalam menggunakannya. Kesalahan dalam penggunaan bisa menyebabkan rusaknya gadget atau bisa juga menimbulkan peristiwa yang lebih berbahaya seperti ledakan atau kebakaran. Hati-hatilah dalam memilih merk powerbank. Anda bisa menyimak tips pada postingan tips memilih powerbank. Powerbank sendiri merupakan bank tenanga yang menyimpan energi litrik dalam sebuah baterai untuk kemudian disalurkan pada baterai gadget anda. Dengan demikian powerbank bekerja dengan mengalirkan daya dari baterai di dalam tubuhnya ke dalam baterai yang ada di dalam gadget. Batteray to batteray.
hati hati menggunakan powerbank


Hal yang sangat penting yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan powerbank adalah besarnya daya yang dimiliki sebuah powerbank. Powerbank yang beredar di pasaran Indonesia punya daya dengan rentang output mulai dari 1A hingga paling besar 2,1A. Lamanya pengisian akan tergantung dari besarnya daya yang dialirkan. Jika kita menggunakan daya 2,1A terkadang beberapa smartphone tidak bisa menerima daya tersebut karena terlalu besar. Sebaliknya jika daya yang dipakai terlalu kecil dibanding dengan kebutuhan maka waktu pengisian ke baterai handphone akan memakan waktu yang sangat lama. Pilihlah daya output yang sesuai dengan baterai gadget anda agar efektif dan efisien ketika melakukan pengisian ulang betarai melalui powerbank.

Selain durasi pengisian ke baterai handphone, durasi pengisian baterai powerbank juga tidak bisa asal-asalan. Standard waktu yang dibutuhkan berkisar antara 7,5 jam hingga 10 jam. Usahakan untuk tidak mengisinya melampaui 10 jam atau waktu yang telah  diatur dalam produk tersebut. Jika tidak ada fitur pengaman, terlalu lama mengisi (charge) powerbank bisa membuat rusak atau terjadi ledakan. Berhati-hatilah, lebih baik hentikan pengisian jika akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama.

Baterai yang ada di tubuh powerbank sama halnya dengan baterai recahageable lainnhya yang memiliki umur pengisian atau life cycle. Umur pengisian tersebut antara 250 hingga 500 kali pengisian. Seiring dengan pemakaian yang terus menerus, lambat laun kinerja baterai akan menurun dan bukan tidak mungkin sampai pada titik tidak bisa digunakan lagi. Yang perlu kita ketahui bersama adalah penggunaan powerbank sejatinya hanya untuk kebutuhan mendesak. Kalau memang tidak mendesak alangkah baiknya menggunakan charger bawaan dengan sumber listrik rumah. Jadi agar powerbank bisa awet dan tahan lama, gunakan ketika mendesak saja.

Satu hal lagi yang tidak ketinggalan adalah perangkat kabel data yang anda gunakan. Perhatikan betul kabel data yang digunakan untuk mentransfer daya karena itu akan sangat mempengaruhi kinerja dari powerbank. Menggunakan powerbank memang perlu berhati-hati, tetapi ketika anda tahu betul bagaimana cara merawatnya pasti akan aman dan awet. Baca juga ulasan menarik Powerbank Vivan Terbaik.

Advertisement
Hati-Hati Menggunakan Powerbank | Admin Rent Kahoot | 5