Tips dan Panduan Membeli Powerbank

Advertisement
Powerbank kini telah menjadi bagian yang susah untuk dipisahkan dari device atau gadget  pribadi kita, entah itu iphone, ipad, kamera, hp android, dan sebagainya. Fungsinya sebagai portable power supply punya tempat yang strategis ketika kita membutuhkan sumber listrik cepat untuk berbagai device penting yang sering kitapakai. Bayangkan ketika dalam perjalanan jauh anda harus mencari sumber listrik atau harus berhenti di POM bensin untuk me-charge ulang hanphone anda akan sangat merepotkan. Powerbank menjadi solusi menghilangkan istilah low batt. Suatu hal yang menyebalkan ketika ada kebutuhan penting untuk menghubungi seorang klien kerja atau keluarga tidak bisa kerana gadget lowbatt atau baterai habis sama sekali.


Buat pembaca yang ingin membeli powerbank berikut kami sajikan tips yang baiknya diketahui sebelum membeli sebuah powerbank. Jenis,spesifikasi, dan harga powerbank sebenarnya tergantung dari kebutuhan.

1. Kapasitas Powerbank

Hal yang jadi perhatian utama saat membeli sebuah powerbank ialah kapasitasnya. Anda pasti tahu satuan mili amper hour yang sering disingkat mAh.Buat anda yang masih awam tentang kapasitas ini, sederhana, semakin besar nilai mAh maka semakin besar kapasitas yang dimiliki sebuah powerbank.

Lalu bagaimana menentukan kapasitas yang pas agar tidak salah pilih? Aturannya, jika gadget pribadi anda punya baterai berdaya 1500 mAH idealnya minimal kapasitas powerbank 1500 mAh untuk isi ulang penuh satu kali. Jika ingin isi ulang lebih dari satu kali tinggal mengalikan kapasitas baterai dengan berapa kali isi ulang penuh untuk mendapatkan kapasitas powerbank yang dicari.

Jika untuk handphone sederhana cukup dengan kapasitas kecil tapi untuk gadget yang lebih besar seperti ipad, iphone, kamera, atau smartphone membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Sekarang, banyak sekali brand powerbank yang beredar di Indonesia ada yang dari luar seperti powerbank PNY, SPC, philips, ada juga yang asli buatan indonesia seperti vivan. Semuanya punya harga, spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

2. Model Charger

Tiap powerbank punya model dan perangkat tambahan masing-masing. Ada yang terspisah antara kabel dengan tubuh ada juga yang jadi satu. Kami sarankan untuk membeli powerbank yang sudah ada kabel carger yang melekat pada tubuhnya. Jadi, USB charger atau micro usb charger sudah melekat pada tubuh. Powerbank tipe ini buat jaga-jaga kalau kita lupa. Usahakan jangan memilih powerbank yang terlalu banyak "pretelan" nya. Pilih juga yang punya berbagai bentuk USB charger agar bisa dipakai berbagai jenis HP atau kamera. Semakin bagus sebuah powerbank, pasti banyak model USB yang dibawanya.

3. Pertimbankan Harga dan Kualitas Powerbank

Ketika membeli powerbank jangan lupa untuk membandingkan antara harga dengan kualitas devie yang didapat. Coba cari masukan referensi dari teman atau dari internet. Cek fitur dan keunggulan yang dimiliki dan pastikan ada fitur protection untuk over charger atau over temperature untuk keamanan pengguna. Untuk memperoleh harga yang lebih kompetitif anda bisa menyambangi lebih dari satu penjual untuk produk yang sama. Jika anda belanja oneline melalui internet pastikan penjual adalah pihak yang terpercaya dan ada jaminan pengiriman dan opsi pengembalian jika barang diterima cacat.

4. Kecocokan dengan Device

Sebuah powerbank bagus jika ia mampu mencharge device kita dengan baik. Jangan tertipu dengan harga murah kapasitas besar jika ujung-ujungnya tidak bisa digunakan dengan baik. Salah-salah malah membuat gadet rusak.Untuk memperoleh powerbank yang cocok bisa dengan mencari referensi dari orang yang punya pengalaman tentang hal itu. Bisa juga join di forum-forum dan menanyakan tentang powerbank apa yang cocok untuk device anda.

Demikian tadi 4 tips yang baiknya anda ketahui sebelum membeli sebuah powerbank. Semoga bermanfaat.


Advertisement
Tips dan Panduan Membeli Powerbank | Admin Rent Kahoot | 5