Tips Panduan Memilih Smartphone

Advertisement
Satu dekade yang lalu mungkin kita tidak akan terlalu bingung ketika datang ke gerai smartphone untuk membeli smartphone yang kita sukai. Akan tetapi, beda halnya jika anda membelinya sekarang, anda pasti akan bingung atau paling tidak berpikir beberapa kali untuk menentukan pilihan. Kalau jaman dulu pemain di pasar smartphone masih bisa dihitung dengan jari. Selain itu ada gap yang cukup jauh baik kualitas dan harga dari produk mereka. Pasar smartphone Indonesia masih di dominasi oleh pemain kawakan yang memang sudah punya nama.

Bagaimana dengan sekarang? Jutaan itulah kata yang tepat. Jutaan merk dan spesifikasi smartphone yang  beredar di pasar Indonesia. Semuanya menawarkan kelebihan masing-masing dari spesifikasi, fitur, dan juga harga yang hampir-hampir mirip. Dari merk samsung saja di pasar ada banyak samsung galaxy yang beredar samsung galaxy x3, x4, s2, dan sebagainya. Semua itu pasti aga membuat kita berpikir beberapa kali ketika disodori begitu banyak pilihan. Bisa dibilang kalau 10 tahun yang lalu kita milih gadis cantik dari hanya beberapa gadis yang notabenya mudah dipilah mana yang cantik mana yang tidak. Kalu sekarang sama seperti anda disuruh memilih gadis diantara banyak sekali gadis yang cantik-cantik semua. Mana smartphone yang akan anda pilih? Berikut tips membeli smartphone dari pasar-harga.blogspot.com yang InsyaAlloh membantuk anda menentukan pilihan smartphone terbaik.

Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasinya

Sama seperti calon pasangan, setiap sistem operasi smartphone punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sandingkanlah kekurangan tersebut dengan kebutuhan anda kemudian lakukan analisa sederhana untuk menentukan sitem operasi mana yang paling tepat sesuai kebutuhan.Sampai saat ini ada 4 kerajaan besar sistem operasi yang ada di berbagai macam smartphone, berikut ulasannya.

tipe memilih smartphone

Sistem Operasi Windows Phone

Sistem operasi ini merupakan produksi raksasa software microsoft. Memiliki tampilan antar muka (interface) yang ringan dan mudah digunakan. Sangat besahabat dengan berbagai jaringan sosial seperti twitter, facebook, email, dan juga terdapat aplikasi sharing foto ke pengguna yang lain. Satu lagi kelebihan Windows phone adalah punya layanan layaknya PC seperti skydrive. Satu hal yang menjadi kekurangan dari sistem operasi ini adalah tidak banyak aplikasi dan game yang bisa dioperasikan.
smartphone blackberry

Sistem Operasi BlackBerry

Sistem ini bersifat inklusif, hanya bisa anda temukan di smartphone blackberry. Yang menjadi unggulan dari sistem operasi ini ada di sisi emailing dan messaging (BBM). Tahun ini blackberry meluncurkan versi terbaru, blackberry 10 yang diproyeksikan akan mampu bersaing dengan iOs dan android. Buat anda pecinta smartphone qwerty, blackberry masih jadi yang terbaik.

Sistem Operasi iOs

iOS dibuat oleh perusahaan apple. Keunggulan dari sistem operasi ini sangat membantu kita karena penggunaannya yang mudah dan praktis. Orang awampun akan bisa dengan cepat menguasainya. Disamping itu di dalamnya dibenamkan banya sekali aplikasi canggih yang berkualitas. Satu hal yang menjadi kekurangannya adalah harganya yang masih sangat mahal untuk pasar di Indonesia.
smartphone android

Sistem Operasi Android

Inilah sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Jebolan google ini banyak ditemui pada berbagai macam dan merk handphone seperti Samsung, LG, Motorola, Andromax, dan HTC. Keunggulan sistem android adalah banyak aplikasi game store yang tersedia dan tentu saja harganya yang tidak semahal iPhone.
sumber gambar : internet

Pertimbangkan Beberapa Hal Penting

Selain sistem operasi, ada baiknya anda mempertimbangkan hal yang tidak kalah penting sebelum menentukan pilihan smartphone, diantaranya:

1. Ukuran Layar

Ukuran layar akan menentukan tujuan penggunaan dari smartphone. Untuk ukuran sedang hingga kecil sangat praktis dibawa dengan tangan tapi kurang maksimal jika digunakan untuk browsing atau menonton video/film. Sebaliknya, layar ukurang besar akan sangat memanjakan anda ketika browsing dan nonton film tapi tidak cukup praktis untuk anda genggam atau dimasukkan dalam kantong.

2. IQ (prosesor) yang Mumpuni

Percuma operating system bagus tapi tidak didukung otak yang cerdas. Pusat kendali smartphone ada di yang namanya prosesor. Prosesor yang cerdas dan responsive akan membuat smartphone dapat bekerja dengan cepat tanpa sering terjadi "leg".

3. Batteray

Smartphone memerlukan banyak sekali supplay power untuk bekerja. Resolusi yang baik dan prosesor cerdas butuh supplay energi lebih banyak dari yang bukan smartphone. Oleh karena itu, pertimbankan jenis batteray yang berkapasitas bagus dan awet. Jangan sampai smartphone lebih sering membersamai chargernya dari membersamai anda.

4. Hal Penting Lain

Hal-hal tambahan lain bisa berbeda-beda, misal saja resolusi, kemampuan kamera, desain, sound, dan sebagainya. Tentukan mana yang hal penting yang akan dijadikan pertimbangan sehingga anda bisa mengesampingkan hal yang lain.

Cari Masukan yang Berguna

Banyak sumber informasi yang bisa dijadikan tambahan referensi. Sumber referensi yang paling mudah anda dapatkan adalah dari internet. Banyak jutaan review berbagai smartphone yang ada di internet tapi janga lupa untuk selektif. Masukan dari keluarga dan teman kantor bisa jadi referensi yang terpercaya.

Coba Langsung Smartphone

Saat anda berada di gerai smartphone jangan malu-malu untuk mencobanya. Itu hak anda sebagai pembeli dan itu bisa mengetahui isi sebenarnya dari smartphone dan membandingkannya dengan smartphone lainnya. Informasi yang anda dapat sebagai bahan referensi harus anda buktikan secara langsung.

Advertisement
Tips Panduan Memilih Smartphone | Anonymous | 5