Cara Membersihkan Freezer Kulkas

Advertisement

Pernahkan anda menjumpai freezer kulkas di rumah kotor atau penuh dengan bunga es yang susah dibersihkan? Bunga es yang menumpuk akan membuat kapasitas freezer berkurang dan kondisi kotor akan membuat makanan yang disimpan di dalamnya rawan terkena kuman dan tidak higienis. Berikut ini cara membersihkan freezer kulkas yang benar.

Apa yang anda butuhkan?
Sebelum memulai proses pembersiha anda harus mempersiapkan alat-alat sebagai berikut:

  • Kain atau Spons
  • Handuk
  • Cuka
  • Air
  • Baking Soda
  • Sikat Gigi Bekas

Cara Membersihakan Freezer Kulkas

cara membersihkan freezer

1. Kosongkan Freezer

Sebelum melakukan pembersihan, kosongkan terlebih dahulu freezer dan juga dari kulkas. Simpan semua bahan makanan di tempat lain atau di kulkas lain selama pembersihan.

2. Menghilangkan Bunga Es
Menumpuknya bunga menjadi hal yang paling sering terjadi pada freezer anda. Mungkin pada beberapa jenis kulkas sudah dilengkapi dengan free frost tapi itu tidak semuanya. Caranya, setalah freeezer dikosongkan, matikan kulkas dan bukkan pintu freezer dan kulkas selebar mungking. Tunggu hingga mulai mencair. Ketika sudah mulai mencair anda bisa menggunakan sendok atau spatula untuk membantu mengangkat bongkahan es. Sebenarnya anda dapat mempercepat proses penghilangan bunga es dengan menggunakan hair dryer. Akan tetapi harus benar-benar hati-hati karena jika terkena air hair dryer bisa rusak atau terjadi hubungan arus pendek.

3. Membersihkan Sisa-sisa Benda di Freezer
Setelah semua es hilang anda dapat dengan leluasa membersihakan bagian dalam dan bagian bawah freezer. Pertama yang harus anda lakukan andalah menghilangkan sisa-sisa bahan makanan yang menempel pada freezer. Anda bisa menggunakan tanganf langsung atau menggunakan sarung tangan dari karet.

Setelah itu gunakan air hangat dan cuka untuk membersihkan tumpahan dari sisi bawah freezer. Jika anda tidak suka bau cuka anda bisa menggunakan permbersih yang lain. Gunakan mangkuk besar dengan berisikan air hanyat kemudian gunakan spons dan kain. Basah kain dan spons kemudian lap ke permukaan dalam kulkas.

Jika kulkas anda banyak terdapat rak-rak copot rak tersebut dan bersihkan secara terpisah. Disinilah fungsi sikat bekas. Untuk area yang cukup sulit dibersihkan dengan kain, anda bisa menggunakan sikat gigi bekas. Celupkan ke air hangat lalu gosok di permukaan yang ingin dibersihkan. Setelah pembersiah selesai, pastikan bilas dengan air bersih untuk menghindari lengket dan sisa-sisa pembersihan pada permukaan interior kulkas.

4. Menghilangkan Bau Busuk Freezer
Setelah freezer bersih, anda dapat menghilangkan bau yant kurang sedap dengan menggunakan campuran air dan baking soda. Gosoklah bagian yang berbau kurang sedap dengan menggunakan campuran tersebut.


5. Mengeringkan Freezer
Gunakan handuk kering dan bersih untuk mengeringkan freezer. Lap dengan teliti seluruh bagian freezer maupun permukaan interior kulkas. Jangan lupa untuk memasukkan rak-rak kulkas atau freezer yang tadi dibersihkan diluar.

6. Memasukkan Bahan Makanan Kembali
Setelah selesai dibersihkan anda dapat menyalakan kulkas kembali dan tunggu beberapa saat (5 menit) kemudian masukkan lagi bahan-bahan makan semula. Jangan lupa untuk mengaturnya sebaik mungkin agar freezer tidak mudah kotor. Susunlah serapi mungkin agar semua barang di dalam freezer atau kulkas dapat mudah diambil tanpa berantakan.
Advertisement
Cara Membersihkan Freezer Kulkas | Admin Rent Kahoot | 5