Tips Memilih Jam Tangan yang Tepat

Advertisement
Jam tangan sekarang bukan hanya sekedar sebuah tools untuk keperluan mengontrol waktu bagi anda yang super sibuk. Lebih dari itu, jam tangan telah menjadi bagian dari fashion. Penampilan anda bisa jadi terlihat kurang bagus hanya karena sebuah jam tangan. Lalu, jam tangan apa yang cocok buat anda? Yuk simak tips memilih jam tangan berikut.

tips memilih jam tangan yang tepat

Kapan Anda Harus Memakai Jam Tangan?


Mungkin tidak semua kegiatan yang anda lakukan harus mengenakan jam tangan. Kriteria kapan seseorang harus memakai jam tangan juga tergantung pada pribadi masing-masing. Yang perlu diperhatikan, setelah anda memutuskan pada situasi mana anda memakai jam tangan, pastikan bahwa jam tangan tersebut sesuai dengan gaya pakaian yang anda kenakan. Jangan lupa cek kondisi jam tangan ketika akan memakainya, pastikan tidak ada kerusakan yang malah bikin repot kemudian.

Jam Tangan Analog atau Digital?
Sudah menjadi rahasia umum, jam tangan analog yang identik dengan kesan klasik sangat cocok untuk keperluan bisnis, atau acara formal  lainnya seperti meeting, pernikahan, pesta, dan sebagainya. Untuk jam tangan digital keuanggulannya adalah sangat casual dan fleksible bisa digunakan pada berbagai situasi seperti kerja, berlibur, dan tidak menutup kemungkinan untuk acara formal meski dianggap kurang pas. Jang tangan dengan layar LCD ini menampilkan tanggal yang lebih mudah dibaca oleh anda dan tentu saja lebih akurat.

Sumber tenaga : Baterai, Quartz, atau Mekanik
Sumber tenaga yang menggerakkan jam ada beberapa macam. Untuk jam digital ditenagai oleh baterai ukuran kecil atau sering kita sebut dengan baterai jam. Baterai ini bisa anda jumpai bebas di toko elektronik atau toko jam. Ada juga pilihan Quartz Watches yang menggunakan elctrified quartz yang memanfaatkan getaran electrik. Pilihan jam ini cukup bagus karena sangat akurat dengan kesalahan kurang dari 1 menit tiap tahunnya. Jam mekanik ditenagai oleh sistem mekanik gear yang cukup kompleks di dalamnya. Tenaga utama didapat ketika kita menggerkkan tangan kita. Keuntungannya adalah kita tidak perlu gonta-ganti baterai. Akan tetapi jam ini punya akurasi yang cukup buruk. Dalam setahun jam ini bisa melenceng hingga 1 jam.

Betuk Luar Jam
Yang penulis maksud di sini adalah frame dari sebuah jam. Pilihan jam analog akan memberikan bentuk frame yang cenderung simetris seperti bundar, kotak, atau bentuk segibanyak. Bahan chasingnya banyak terbuat dari bahan logam yang mengkilap seperti baja, titanium, emas, perak, atau platinum. Kadang-kadang ada motif grid-grid atau dihiasi kristal-kristal yang cantik.

Jika anda memilih jam analog biasanya bahannya terbuat dari plastik carbon yang terlihat lebih modern. Bentuknya pun bisa bermacam-macam dan jarang sekali yang berbentuk bundar seperti pada jam analog. Jam ini biasanya lebih ringan dan enak ketika memakainya.

Pilihan Warna
Warna jam tangan bisa jadi faktor penting penentu jam tangan tersebut cocok atau tidak buat anda. Warna jam tangan analog biasanya identik dengan warna logam yang jadi bahan pembungkusnya, emas atau putih mengkilap. Hampir semua warna jam tangan analog cocok baik bagi perempuan maupun laki-laki. Untuk jam tangan digital warnanya bisa beraneka ragam, sebut saja jam G-Shock yang punya begitu banyak pilihan warna. Warna yang gelap seperti hitam, hijau tua, biru tua, akan cocok untuk kaum pria. Khusus kaum wanita bisa memilih warna yang kalem atau mencoba warna-warna yang nyentrik (merah, kuning) sesuai situasi ketika memakai jam tersebut.

Sekian dulu tips memilih jam tangan dari pasar-harga, semoga bisa bermanfaat.


Advertisement
Tips Memilih Jam Tangan yang Tepat | Admin Rent Kahoot | 5